Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Del Bosque Tidak Mau Mundur Usai PD 2014

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 3 September 2014 | 19:51 WIB
Vicente Del Bosque (JAVIER SORIANO/GETTY IMAGES)

Kegagalan timnas Spanyol di Piala Dunia 2014 sempat membuat pelatih Vicente Del Bosque diminta mundur oleh banyak pihak. Namun, pelatih berusia 63 tahun itu merasa bahwa hal itu bukan sebuah keputusan yang tepat dikarenakan beberapa alasan.

Del Bosque merasa bahwa apa yang telah selama ini ia lakukan bagi timnas Spanyol layak untuk tetap dihargai. Mantan pemain dan pelatih Real Madrid itu berharap memiliki kesempatan untuk memperbaikinya, tanpa membahayakan siapa pun dengan menunjukkan kualutas tim dalam laga persahabatan menghadapi Prancis pada Jumat, (5/9) dini hari WIB.

"Mereka memiliki pendapat dan mereka bebas untuk memilikinya, namun tidak lebih dari itu dan mereka harus memiliki alasan. Kedua kekalahan tersebut (dari Belanda dan Cili) seakan melebihi semua yang telah terjadi pada enam tahun terakhir," kata Del Bosque kepada Mundo Deportivo.

"(Apakah Anda pernah berpikir untuk mengundurkan diri?) Tidak. Saya hanya sedikit menjauh karena saya masih memiliki sedikit kebanggaan. Jika saya langsung mengatakan 'saya tidak akan mundur', maka itu akan tampak sombong."

"Saya lebih suka menunggu, menjauh sejenak, merenungkan apa yang terbaik, dan tidak ingin membahayakan atau merugikan Federasi," lanjutnya.