Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapa Saja Pemain Bola Eropa yang ke India?

By Suryo Wahono - Jumat, 29 Agustus 2014 | 23:22 WIB
Ronaldinho, bakal ikut meramaikan musim perdana Liga India. (Getty Images)

Alessandro Del Piero akan menjadi duta bagi pembukaan Indian Super League (ISL) seri perdana setelah mengonfirmasikan kepindahannya ke klub Delhi dinamo.

Legenda hidup Juventus ini pernah jadi duta juga di Australia A-League, di mana dia mencetak 24 gol dalam 48 penampilan selama dua tahun bersama Sydney FC.

Del Piero bukan satu-satunya. Ada sejumlah pemain-pemain besar dari Eropa sudah terlebih dulu di sana. Di liga berisi delapan klub India itu, Del Piero akan kembali bertemu mantan mitra di Juventus, David Trezeguet, yang lebih dulu terdaftar sebagai pemain FC Pune City.

Selain kedua pemain tadi, ada mantan duet gelandang sayap Arsenal, Robert Pires dan Freddie Ljunberg, yang juga akan bermain di situ. Di sana juga ada Luis Garcia dan Josemi (Spanyol).

Selain yang berperan sebagai pemain saja, mantan kiper Inggris, David James dikabarkan bakal jadi pemain-manajer untuk klub Kerala Blasters, yang telah merekrut mantan striker Newcastle, Michael Chopra.

Di luar pemain-pemain besar dari Eropa, Ronaldinho dikabarkan sedang bernegosiasi dengan klub Chennai Titans.

Sementara itu, beberapa klub seperti Atletico Madrid, Inter Milan, Fiorentina, dan Feyenoord telah menjalin kemitraan teknis dengan klub-klub ISL.