Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

San Siro Siap Menggelar Final Liga Champion 2016

By Tulus Muliawan - Jumat, 29 Agustus 2014 | 18:45 WIB
San Siro, markas AC Milan. (Gary M. Prior/Getty Images)

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) berniat mengajukan Stadion San Siro Milan sebagai tuan rumah final Liga Champion 2016. Italia merasa pantas menjadi tuan rumah partai final turnamen terakbar antarklub sepak bola Eropa tersebut.

Melalui Antonello Valentini selaku direktur umum, FIGC menyatakan telah mengajukan tawaran resmi kepada UEFA soal rencana ini. Jika rencana ini terwujud, ini akan menjadi kali kedua San Siro menggelar final Liga Champion.

Sebelumnya, San Siro pernah menjadi tuan rumah partai pamungkas pada Liga Champion edisi 2001. Waktu itu, raksasa Jerman Bayern Muenchen berhasil menjadi juara usai mengalahkan wakil Spanyol, Valencia.

"Semua kami serahkan kepada UEFA. Kami telah mempresentasikan tawaran ini dan saya yakin Milan adalah kota yang cocok untuk menggelar partai final," kata Antonello Valentini.

Sejak pertama digelar pada 1955 dengan nama Piala Europa, Italia tercatat sudah pernah menjadi tuan rumah sebanyak delapan kali. Sementara San Siro sudah lima kali menjadi tuan rumah, termasuk saat kompetisi masih bernama Piala Europa.