Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Swansea Sukses Raih Tiga Poin di Old Trafford

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 16 Agustus 2014 | 20:52 WIB
Selebrasi para pemain Swansea atas gol Gylfi Sigurdsson. (Alex Livesey/Getty Images)

Pertandingan perdana Premier League musim 2014/15 antara Manchester United berhadapan dengan Swansea City sudah diwarnai kejutan. United yang tampil luar biasa di ajang pra musim, ternyata harus takluk di Old Trafford dari The Swans.

Pada babak pertama, Manchester United sebenarnya mampu menguasai pertandingan. Namun, serangan yang dibangun oleh Juan Mata dan Ander Herrera dari tengah dan Ashley Young serta Jese Lingard dari kedua sisi tidak mampu menyalurkan bola dengan baik kepada duet Wayne Rooney dan Javier Hernandez.

Justru Swansea yang hanya mampu melakukan beberapa kali serangan, berhasil mencetak gol pada menit ke-28 melalui gelandang Ki Sung-yong. Pemain asal Korea Selatan itu berhasil menaklukkan kiper David De Gea dengan sontekan mendatar kaki kirinya.

Di babak kedua, United sebenarnya mampu tampil sedikit lebih baik. Namun, tusukan dari kedua sisi dan kombinasi serangan dari sektor tengah masih gagal membongkar pertahanan Swansea dengan baik.

United berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Rooney. Naamun, proses gol tersebut lahir dari umpan bola mati melalui sepak pojok Mata yang sempat menyentuh Januzaj sebelum diakhiri oleh tendangan salto Rooney di depan gawang Lukasz Fabianski.

United yang terus berusaha mencari gol kemenangan, sempat memiliki beberapa peluang. Namun, sebagian besar kembali lagir melalui eksekusi bola mati, termasuk tendangan bebas Rooney dari jarak dekat yang masih membentur tiang gawang Fabianski.

Keasikan menyerang, United harus kembali tertinggal di menit ke-72. Swansea berhasil mencetak gol kedua berkat Gylfi Sigurdsson yang memanfaatkan umpan dari Wayne Routledge di dalam kotak penalti United.

United tampak panik setelah kembali tertinggal. Serangan yang dibangun pun terkesan terburu-buru dan tidak dibangun dengan matang. Alhasil hingga akhir babak kedua, Iblis Merah gagal kembali mencetak gol dan harus mengakui keunggulan Swansea.