Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditahan Seri, Persipura Naik ke Puncak Klasemen

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 29 Agustus 2014 | 15:35 WIB
Persipura Jayapura ditahan imbang Mitra Kukar (Gonang Susatyo/Bolanews)

1. Erick Weeks Lewis berhasil menyamakan kedudukan setelah tim tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Imanuel Wanggai dari titik penalti. Hasil tersebut menjadikan tim Mutiara Hitam naik ke puncak klasemen sementara menggeser Persebaya Surabaya untuk sementara.

Pertandingan ini merupakan bentrok dua tim papan atas Liga Super Indonesia (LSI) 2014 wilayah timur. Persipura Jayapura dan Mitra Kukar masih sama-sama berpeluang lolos ke babak delapan besar dengan menyandang status pemuncak klasemen.

Sejak menit pertama bergulir kedua tim memperlihatkan permainan terbuka dan saling serang. Beberapa ancaman diperlihatkan kedua tim sejauh 25 menit di babak pertama.

Pada menit ke-29 Persipura mendapatkan peluang bagus setelah Boaz Solossa dilanggar di dalam kotak penalti. Tim tuan rumah pun mendapatkan hadiah tendangan penalti. Imanuel Wanggai yang maju sebagai eksekutor sukses mencetak gol dan membuka keunggulan Persipura.

Mitra Kukar merespon. Enam menit setelahnya tim tamu mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol tersebut dicetak Erick Weeks Lewis dengan melepaskan sepakan keras yang tidak sanggup dibendung kiper Yoo Jae-Hoon. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

 Permainan terbuka kembali diperlihatkan kedua tim di 45 menit kedua. Akan tetapi, permainan keras yang sudah diperkirakan sebelum laga berlangsung lebih banyak terlihat di babak kedua.

Beberapa peluang bagus kembali didapatkan kedua tim di paruh kedua. Kendati demikian, tidak ada satu pun yang berujung menjadi gol.

Laga ini juga diwarnai aksi tandukan Dominggus Fakdawer terhadap Jajang Mulyana. Hasilnya, wasit memberikan kartu merah kepada Fakdawer dan kartu kuning terhadap Jajang. Pertandingan pun diakhiri dengan skor imbang 1-1.

Hasil tersebut menjadikan tidak ada perubahan di posisi atas klasemen sementara LSI 2014 wilayah timur. Persipura naik ke puncak klasemen sementara walau memiliki kemasan 36 poin atau sama besar dengan Persebaya Surabaya, sedangkan Mitra Kukar di posisi ketiga dengan 34 poin. Pasukan Jacksen F. Tiago bisa kembali turun peringkat apabila Persebaya memetik minimal satu poin dari Persepam Madura United.