Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pro Duta Kirim Tim ke Turnamen Usia Muda di Italia

By Aning Jati - Selasa, 26 Agustus 2014 | 15:54 WIB
Komisaris PT Pro Duta FC, Sihar Sitorus, dalam sesi jumpa pers, Selasa (26/8), di Jakarta.

19 ke turnamen Viareggio Cup yang berlangsung di kota Viareggio, Tuscany, Italia.

Viareggio Cup merupakan salah satu turnamen usia muda tertua di Negeri Piza. Turnamen yang pernah melahirkan pesepak bola top Italia, seperti Mario Balotelli, Ciro Immobile itu, digelar sejak 1949.

Komisaris PT Pro Duta FC, Sihar Sitorus, mengungkapkan jalan yang ditempuh Pro Duta dengan membawa tim ke luar negeri merupakan rangkaian implementasi visi dan misi Pro Duta memberikan kesempatan pemain muda di Tanah Air, terutama yang berasal dari wilayah terpencil, untuk mewujudkan mimpi mereka.

"Selain itu, kami juga hendak menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya jadi pasar klub asing melainkan tim Indonesia juga bisa ke luar negeri untuk memperlihatkan potensi dan bakat yang dimiliki pesepak bola muda Indonesia," kata Sihar.

Untuk memperoleh tim Pro Duta U-19 yang tangguh, tim pelatih bakal menyelenggarakan seleksi di lima kota. Lima kota itu adalah Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, Sorong, Halmahera, Medan, serta Jakarta. Seleksi dimulai awal September dan nantinya pemusatan latihan diadakan di Jakarta sebelum berangkat ke Italia pada 2 Februari 2015. Sebanyak 22 pemain akan dipilih dalam seleksi tahap akhir.

"Kami tidak hanya mencari pemain dengan skill bagus, tetapi juga yang punya kondisi fisik dan mental bagus. Dari pengalaman sebelumnya, soal kualitas pemain muda Indonesia tidak kalah bagus, namun soal mental, kalah dibanding pesepak bola mancanegara," ujar Eladio Rojas Reyes, pelatih.