Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal: Saya Tadinya Raja, Sekarang Iblis United

By Suryo Wahono - Sabtu, 23 Agustus 2014 | 01:39 WIB
Louis van Gaal, berharap fan Manchester United mau bersabar. (Getty Images)

Manajer baru Manchester United mulai menuai kecaman dan kritik akibat kalah di pertandingan perdana. Hal itu membuat Louis van Gaal merasa menjadi 'iblis' akibat satu kekalahan dalam pekerjaan barunya.

Kekalahan 2-1 melawan Swansea City dianggap hasil mengejutkan pada pekan pembukaan musim baru Premier League. Sementara itu, United bakal menghadapi pertandingan sulit di Sunderland hari Minggu (24/8) dan Van Gaal telah meminta kesabaran para fan.

"Dua pekan lalu saya adalah raja Manchester dan sekarang saya iblis dari Manchester," katanya dalam konferensi pers hari Jumat (22/8) waktu setempat.

"Ini adalah dunia sepak bola dan terutama media dalam dunia sepakbola."

"Saya pikir penggemar Manchester cerdas. Saya sudah mengatakan bahwa akan sulit dalam tiga bulan pertama, baik bagi para pemain dan juga untuk para fan."

Paul Scholes sempat mengatakan dalam sebuah kolom di sebuah surat kabar Inggris pekan ini bahwa dia 'takut' dengan masa depan United, tapi Van Gaal menjawab, "Saya bisa membayangkan para fan takut. Mereka harus percaya. Paul Scholes juga harus percaya."