Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jonjo Shelvey Kalahkan CR7 dan Neymar

By Jumat, 15 Agustus 2014 | 19:46 WIB
Jonjo Shelvey (Swansea) (Harry Engels/Getty Images)

Sepak Bola diyakini menjadi olah raga paling populer di seluruh dunia. Permainan ini bahkan kerap menginspirasi para orang tua yang hendak memberi nama kepada anak mereka.

Nama-nama yang dipilih oleh orang tua bayi biasanya adalah pemain-pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, hingga Paolo Maldini. Fenomena itu juga terjadi di belahan Britania Raya.

Badan Statistik Nasional Britania Raya mengungkapkan bahwa 13 bayi di Inggris dan Wales dinamai "Cristiano" sebelum pergelaran Piala Dunia 2014. Sementara, pada rentang dan lingkup yang sama, terdapat delapan anak yang diberi nama Neymar.  

Namun, dua nama mega bintang itu tak menempati pos teratas dalam daftar nama pesepak bola yang menginspirasi nama seorang bayi. Nama Jonjo justru lebih sering ditemui ketimbang Cristiano maupun Neymar. Lalu siapakah Jonjo?

Sentimen kedaerahan boleh jadi menyebabkan fenomena itu. Jonjo Shelvey adalah gelandang yang bermain untuk klub Wales yang mentas di Premier League, Swansea. Boleh jadi Shelvey kini bangga bukan main lantaran nama depannya lebih populer ketimbang Cristiano dan Neymar.