Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Blatter Sambut Tawaran Kanada Tuan Rumah PD 2026

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 6 Agustus 2014 | 09:28 WIB
Sepp Blatter (Getty Images)

Presiden FIFA, Sepp Blatter, menyambut baik kemungkinan Kanada mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Blatter merasa hal tersebut telah menunjukkan sebuah komitmen besar untuk mempromosikan sepak bola.

Dua edisi gelaran Piala Dunia 2018 dan 2022 sudah diberikan kepada Rusia dan Qatar. Akan tetapi, asosiasi sepak bola Kanada mengonfirmasi niat mereka untuk ikut bersaing memperebutkan status tuan rumah Piala Dunia 2026 pada Januari 2015.

"Kanada sedang mempertimbangkan untuk mengajukan tawaran guna menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Ini menunjukkan komitmen besar mereka untuk mempromosikan sepak bola," kata Blatter, Selasa (5/8).

Sebelumnya Kanada tidak pernah menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia. Kali terakhir Piala Dunia digelar di Amerika Utara terjadi 20 tahun lalu saat Amerika Serikat tampil sebagai tuan rumah.

AS juga disebut-sebut akan menjadi pesaing Kanada untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Sebelumnya Kanada sudah dipastikan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola wanita tahun depan.