Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indra Sjafri Tahu Cara Membangkitkan Timnas U-19

By Weshley Hutagalung - Rabu, 13 Agustus 2014 | 23:13 WIB
(Dhimas Ananda)

19 kalah dari tim level ASEAN di turnamen Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam. Meski demikian Garuda Jaya diyakini tetap dapat bersaing di Piala AFC U-19 di Myanmar pada Oktober mendatang.

Keayakinan timnas dapat bersaing di Piala AFC dikatakan oleh Rudy Eka Priyambada, asisten pelatih Mitra Kukar. Rudy percaya pelatih Indra Sjafri bisa membangkitkan para pemain Garuda Muda.

"Para pemain timnas U-19 harus dibangkitkan semangatnya. Mereka masih bisa kok bersaing di Piala Asia," kata Rudy, pelatih yang memiliki lisensi B AFC kepada Bolanews.

Timnas U-19 sama-sama kalah dengan skor 1-3 dari Brunei Darussalam U-21 plus dan Vietnam U-19 di Turnamen Hassanal Bolkiah. Sebelumnya timnas U-19 bermain imbang 0-0 dengan MAlaysia U-21.

Rudy cukup familiar dengan Indra dan timnas U-19. Saat Kualifikasi Piala AFC di Senayan pada tahun 2013, ia ikut membantu tim Garuda Jaya lewat analisis-analisisnya.

"Bagaimana cara membangkitkan semangat timnas U-19? Indra Sjafri pasti tahu lah bagaimana caranya," ujar Rudy.

Seperti Indra, Rudy juga pernah mendapat kepercayaan dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia). Jika Indra dipercaya memperoleh lisensi AFC untuk instruktur di tingkat akar rumput, Rudy mendapatkan beasiswa dari AFC. Selama mendapat beasiswa beberapa tahun dari AFC, pelatih muda itu mendapat kesempatan untuk menganalisis laga-laga level Asia serta berkunjung ke Jerman.