Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chong Wei-Lin Dan: Dulu Berseteru, Kini Berpartner

By Editor Eko Widodo - Senin, 17 Februari 2014 | 19:00 WIB
Lee Chong Wei dan Lin Dan, pasangan. (AFP)

Selama ini, Lee Chong Wei selalu berseteru dengan Lin Dan. Di tengah lapangan, pemain nomor satu dunia asal Malaysia itu selalu berhadapan dengan peraih dua medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 asal Cina tersebut.

Terakhir kali Chong Wei bertarung melawan pemain berjulukan Super Dan itu pada final Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou, Agustus silam. Kala itu, bintang Cina tersebut  mengungguli Sang Datuk untuk menjadi juara dunia kali kelima setelah memenanginya pada 2006, 2007, 2009, dan 2011.

Sepanjang karier, keduanya telah bertemu sebanyak 31 kali dengan 22 di antaranya dimenangi pemain asal Fujian tersebut.

Minggu (16/2), Chong Wei dan Lin Dan kembali turun ke lapangan. Namun, mereka tidak berseteru seperti biasanya. Keduanya justru berpartner dalam sebuah pertandingan eksibisi di Kota Lingshui, Cina. Duet Chong Wei dan Lin Dan itu berlaga melawan pasangan nomor satu dunia asal Cina, Cai Yun/Fu Haifeng.

Inilah untuk kali pertama ayah satu anak bernama Kingston Lee itu dan suami Xie Xingfang itu berduet di atas lapangan. Menurut Chong Wei, laga ekshibisi ini bisa terwujud karena dirinya menerima undangan dari Asosiasi Bulu Tangkis Cina (CBA).

Pertandingan ekshibisi ini sebenarnya mempertemukan bintang pemain tunggal. Awalnya, Chong Wei bakal berduet dengan Lin Dan untuk melawan bintang Indonesia, Taufik Hidayat yang berpasangan dengan Cheng Long. Namun, Taufik berhalangan karena ada kepentingan ke Singapura.

“Taufik berhalangan karena harus menghadiri acara lain. Akhirnya, kami bertemu dengan Cai Yun/Fu Haifeng,” kata Chong Wei, seperti dikutip dari Utusan Malaysia.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Broto Happy W.