Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kontroversi Suarez Tampil di El Clasico

By Eko Widodo - Selasa, 29 Juli 2014 | 15:06 WIB
Luis Suarez, perlu berhitung bisa bermain atau tidak. (Getty Images)

Potensi mengebut sejak awal juga dimiliki Madrid. Dari lima rival pembuka, yang paling berat praktis hanya di pekan ketiga, Atletico. Ya, laga el derbi Madrileno akan mentas di awal kompetisi!

Bagaimana dengan jadwal el clasico? Duel panas ini mentas pertama di pekan ke-9 pada 25/26 Oktober di Benabeu dan duel kedua pada pekan ke-28, 21/22 Maret 2015.

Situasi potensi kontroversi otomatis terjadi terkait jadwal el clasico I. Tanggal perhelatan bersinggungan dengan usainya masa hukuman empat bulan buat striker anyar Barcelona, Luis Suarez.

Striker Uruguay ini dijatuhi sanksi larangan bermain selama empat bulan oleh FIFA pada 26 Juni. Kendati demikian, insiden gigitan terjadi pada 24 Juni.

Karena itu persepsi akhir sanksi Suarez juga bervariasi, 25 atau 27 Oktober.
Jika Suarez sah mengakhiri masa hukuman pada 25 Oktober dan el clasico digelar Minggu (26/7), ia boleh bermain.

Bila el clasico digelar Sabtu (25/7) ia tetap tidak bisa bermain. Mengingat tengah pekan sebelum el clasico ada partai fase grup Liga Champion, kans laga ini digelar Minggu lebih besar.

Begitu juga jika ternyata FIFA memutuskan sanksi buat stri­ker berjulukan El Pistole­ro itu dimulai sejak waktu peng­umuman hukuman (26 Juni), otomatis ia melewatkan el clasico jilid I.

Saat ini, Barcelona disebut tengah mengajukan kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olah Raga (CAS). Kontroversi partisipasi Suarez di el clasico I otomatis sirna kalau CAS memenangkan Barca dan El Pistolero diberikan pengurangan hukuman.