Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lawan Persijap, Indra Sjafri Lakukan Rotasi Lagi

By Tulus Muliawan - Senin, 17 Februari 2014 | 13:12 WIB
Indra Sjafri, pelatih timnas U-19. (Dwi Ari Setyadi/Bolanews)

19 yang bertajuk Tur Nusantara tidak hanya bertujuan untuk mencari kerangka tim. Pelatih Indra Sjafri juga memberi kesempatan kepada semua pemain untuk menunjukkan kemampuan. Ini yang menjadikan Indra kerap menurunkan pemain berbeda di setiap pertandingan.

Tidak ada pemain yang diturunkan selama 90 menit dalam tiga laga berturut-turut. Kapten Evan Dimas dan M. Hargianto misalnya, mereka dimainkan pada dua laga pertama melawan PSS Sleman dan Persiba Bantul U-21. Namun, keduanya tak dimainkan saat tim Garuda Muda menang 3-2 atas tim Pra PON DIY.

Hak yang sama juga dialami tiga kiper timnas, mereka sama-sama mendapat kesempatan bermain. Indra Sjafri menyatakan akan kembali melakukan rotasi pemain saat timnas U-19 melanjutkan Tur Nusantara melawan Persijap Jepara U-21 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Senin (17/2).

“Rotasi pemain akan dilakukan saat kami menghadapi Persijap U-21. Pemain yang tidak turun pada laga sebelumnya akan dimainkan. Tapi ini bukan pemain pelapis. Semua pemain memiliki kesempatan sama dalam uji coba. Dan, semua pemain di timnas U-19 adalah pemain bintang,” kata Indra.

“Ini masih tahap seleksi sehingga saya harus melihat semua pemain. Dan, hanya yang terbaik yang dibawa ke Myanmar. Kami juga masih harus berbenah. Tim ini bukan tim yang sempurna dan harus ada perbaikan di lini pertahanan, tengah dan depan,” jelas pelatih kelahiran Sumatera Barat tersebut.

Laporan: Gonang Susatyo