Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Transaksi NBA Free Agent Terpenting (1)

By Eko Widodo - Sabtu, 26 Juli 2014 | 21:32 WIB
Dirk Nowitzki, Dallas beruntung memiliki pemain sehebat dia. (Getty Images)

15, Oktober nanti. Bursa free agent (pemain lepas kontrak) terus bergulir. Transaksi manakah yang paling berpengaruh dalam bursa 2014 sejak awal Juli ini? USA Today merangkum 10 transaksi free agent yang akan berdampak besar di musim 2014-15.

1. Dirk Nowitzki (power forward; Dallas Mavericks)
Nilai kontrak: tiga musim US$ 25 juta (Rp287,7 miliar)

Dirk Nowitzki menunjukkan kepada dunia bahwa ia bukanlah pemain yang serakah untuk urusan uang. Musim lalu saja, bayaran Nowitzki di atas US$ 20 juta. Namun, ia menyadari bahwa Dallas memerlukan regenerasi pemain sehingga Dirk mau dipotong gaji.

Nowitzki sudah bermain 16 musim di NBA dengan total gaji yang diperoleh lebih dari US$ 200 juta (Rp2,3 triliun). Jumlah itu belum dari sponsorship produk-produk pribadi. "Saya ingin menghabiskan karier di dalam dengan prestasi yang paten. Saya dan pemilik, Mark Cuban, sudah saling tahu," kata Nowitzki.

Nowitzki akan menjadi pemain murah, tetapi berkontribusi besar di musim depan. Pengorbanannya membuat Dallas bisa mendapatkan Tyson Chandler, Raymond Felton, Richard Jefferson, Devin Harris, dan Chandler Parsons.