Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marcelo Bielsa Terapkan Ide-ide Gila di Marseille

By Jumat, 25 Juli 2014 | 21:25 WIB
Marcelo Bielsa (Handout/Getty Images)

hasil menawan dalam laga uji coba.

Usai membekap Leverkusen 4-1, pada Rabu silam Les Phoceens menundukkan finalis Liga Europa 2013/14, Benfica 2-1.   

Tak salah jika selama ini Bielsa menyandang julukan “El Loco” alias Si Gila. Bielsa kerap menelurkan ide-ide yang terkadang di luar nalar kebanyakan orang.

Aksi “gila” langsung dilakukan Bielsa pada pekan-pekan awal menukangi Marseille. Ia menganalisis rekaman video seluruh pertandingan Les Phoceens pada musim lalu. Yang membuat mata terbelalak adalah Bielsa memutar ulang setiap rekaman laga itu sebanyak 13 kali!

Musim depan Marseille akan memainkan kurang lebih 54 partai. Dengan demikian Bielsa bakal menghabiskan waktu sekitar 1.053 jam hanya untuk menonton rekaman pertandingan.

Secara khusus pelatih Argentina itu juga meminta salah satu stafnya, Thomas Benedet untuk membuat kompilasi video semua laga Marseille pada musim 2013/14, termasuk partai ekshibisi.

Rekaman video tampak telah menjadi obsesi Bielsa. Di kamp latihan Robert Louis-Dreyfus, ia menghendaki agar dipasang kamera di sudut-sudut gawang. Hal itu dilakukan supaya pelatih kiper Marseille, Stephane Cassard, bisa secara detail menganalisis gestur anak buahnya.

“Mungkin terdapat efek dari kehadiran Bielsa. Pelatih memberikan kami begitu banyak materi pemahaman taktik dan sesi latihan bola-bola mati,” ujar gelandang gres Marseille, Romain Alessandrini kepada L’Equipe.