Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Oezil dan Podolski Jadikan Arsenal Nomor 1 di Cina

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 15 Februari 2014 | 05:07 WIB
Lukas Podolski (kanan) dan Mesut Oezil, buat Arsenal paling digelari di Cina. (David Price/Getty Images)

Keberadaan Mesut Oezil dan Lukas Podolski di Arsenal, ternyata berdampak besar pada popularitas The Gunners. Hal ini terjadi di Cina yang membuat klub London Utara itu menjadi yang paling digandrungi di Negeri Tirai Bambu itu.

Sebelumya, Manchester United adalah klub yang paling banyak dicintai oleh masyarakat Cina. Namun, kini adalah Arsenal. Hal in tidak dipengaruhi oleh prestasi kedua klub itu di Premier League, namun karena keberadaan Oezil dan Podolski.

Premier League adalah liga yang paling disenangi di Cina, jauh lebih populer ketimbang La Liga, Serie A, atau Bundesliga. Namun, tim nasional yang paling digelari adalah Jerman, jauh melebihi Spanyol dan Italia.

Arsenal yang kini menjadi favorit di Cina sebenarnya sangat mengejutkan. Terlebih, The Gunners tidak melakukan kunjungan ke negara tersebut pada pra musim 2013/14. Namun, peneliti CIBS, Jiajia Song mengatakan kepada CNN bahwa popularitas The Gunners ada hubunganya dengan keberadaan Oezil dan Podolski.

"Para penggemar lebih senang mendukung sebuah klub yang memiliki pemain yang merupakan bagian dari tim utama sebuah tim nasional favoritnya," tutur Song kepada CNN.

"Ini berarti pemain seperti Oezil dan Podolski yang merupakan anggota tim nasional Jerman yang bermain untuk Arsenal, memiliki tingkat komersil dan pemasaran yang sangat penting bagi klub, negara, dan liganya," ungkapnya.