Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wenger: Pertahanan Arsenal Harus Lebih Kokoh

By Indra Citra Sena - Minggu, 10 Agustus 2014 | 18:36 WIB
Arsene Wenger, fokus membenahi lini pertahanan timnya. (Stuart MacFarlane/Arsenal FC)

Musim lalu, Arsenal menjadi salah satu klub papan atas Premier League dengan jumlah kebobolan terbanyak. Keadaan ini membuat pelatih Arsene Wenger mencanangkan perbaikan sektor pertahanan demi ambisi merengkuh gelar Premier League 2014/15.

Wenger pantas beranggapan demikian. Dia menyaksikan sendiri bagaimana klub yang memiliki pertahanan kokoh hampir selalu meraih trofi juara Premier League. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, rata-rata klub juara mencatat kebobolan sebanyak 29 kali.

Pada Premier League 2013/14, Arsenal kemasukan 41 gol dari 38 pertandingan. Dari jumlah tersebut, 18 di antaranya diderita saat melakoni laga versus anggota Big Four, yakni Manchester City (7), Liverpool (5), dan Chelsea (6).

"Pertahanan menjadi sektor yang mendapat atensi lebih dari saya. Para pemain kerap kali kehilangan fokus, terutama saat menghadapi laga krusial. Lihat saja angka kebobolan kami di musim lalu," kata Wenger seperti dilansir Four Four Two.

"Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kepercayaan diri para pemain bertahan. Mereka bisa tampil bagus ketika merasa percaya diri. Tapi begitu kehilangan momentum, mereka tidak mampu mengembalikan penampilan terbaik dalam waktu singkat," ujar dia.