Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Michael Schumacher Mulai Dapat Berkomunikasi

By Eko Widodo - Rabu, 23 Juli 2014 | 18:40 WIB
Michael Schumacher, mulai bisa berkomunikasi. (Getty Images)

Kondisi mantan pebalap Formula 1, Michael Schumacher dikabarkan terus membaik. Seperti yang dilansir Eurosport pada Selasa (22/07), Schumi mulai dapat berkomunikasi dengan keluarganya dengan cara menggerakkan kedua matanya dan diizinkan pulang ke rumah pada bulan depan.

Schumacher masih mengalami kondisi kritis pada bulan lalu setelah dipindahkan ke salah satu rumah sakit di Swiss. Namun ia mulai menunjukkan perkembangan yang diharapkan sebagai tanda ia bisa pulih dengan cepat. Pada bulan Juni, harian Jerman, Bild melaporkan jika Schumacher sudah mulai bisa mendengarkan suara-suara dan merespon segala sentuhan.

Dikabarkan Schumacher akan dipindahkan ke mansion keluarga di Gauld dan sudah menyiapkan peralatan kesehatan yang canggih serta asisten untuk Schumi.

Masa-masa buruk Schumi disyukuri oleh sang istri, Corrina Schumacher dengan menuliskan pesan kepada fans saat GP Jerman, Minggu (20/7).

“Di GP Jerman saya diberikan kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya kepada para fans karena telah memberikan doa dan energi positif untuk Michael. Saya harus berterima kasih atas simpati para fans. Ini hal yang bagus karena kita mampu melewati masa-masa berat ini bersama-sama,” tulis Corrina seperti yang dilansir oleh Eurosport.

Tidak hanya sang istri, legenda Formula 1, Niki Lauda juga menuliskan dukungannya kepada Schumacher.

“Michael, setiap hari saya mengikuti berita perkembanganmu dan setiap hari saya merasa dekat denganmu. Saya berharap dapat berbicara denganmu secepatnya,” tulis Lauda.

Michael Schumacher mengalami kecelakaan saat bermain ski di pegunungan Perancis pada 29 Desember. Ia dinyatakan koma setelah mengalami pembekuan darah di otak. Schumacher pensiun dari dunia balap Formula 1 pada tahun 2012 dengan meraih juara dunia sebanyak tujuh kali.