Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-21: Ruddy Sudah Temukan Kerangka Tim

By Eko Widodo - Kamis, 7 Agustus 2014 | 16:54 WIB
Martinus Novianto juga memberikan ketenangan di barisan depan Tim Garuda Muda. (Herka Yaris Pangaribowo)

21, Ruddy William Keltjes, sudah menemukan kerangka tim yang dipersiapkan terjun di Turnamen Cotif A’Lalcudia, Spanyol, 10-20 Agustus. Kala mencoba pemain utama pilihannya dalam laga uji coba kontra tim Pekan Olah Raga Provinsi Purwakarta, Ruddy cukup puas terhadap kinerja tim asuhannya.

Rudolof Yanto Basna dkk. dinilai tampil apik meski hanya menang dengan skor 1-0. “Ada beberapa pemain yang tampil seperti yang saya harapkan,” ujar Ruddy.

Di lini belakang, pelatih berdarah Belanda itu cukup puas dengan performa Yanto. Di sektor tengah, Untung Wibowo, yang semula diprediksi sang mentor tidak bakal bermain bagus, ternyata kinerjanya cukup oke.

Distribusi bola yang ia lakukan relatif bagus. Martinus Novianto juga memberikan ketenangan di barisan depan Tim Garuda Muda.

Akan tetapi, Ruddy tetap memberikan catatan untuk penampilan anak didiknya. Pasalnya, lawan yang dihadapi di Spanyol tidak akan semudah saat uji coba.

Skema 3-5-2 yang menjadi andalan Ruddy bisa saja mati kutu menghadapi tim sekelas Barcelona junior, Argentina U-20, Mauritania U-20, dan Arab Saudi U-20, pesaing Indonesia U-21 di Grup A. Durasi masa persiapan yang pendek membuat visi bermain Vicky Melano cs. belum sempurna.

“Komunikasi di lapangan menjadi salah satu hal yang akan diperbaiki,” tutur Ruddy.