Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mantan Penyerang Brasil Mencetak Gol ke-1000

By Beri Bagja - Senin, 10 Februari 2014 | 23:02 WIB
Tulio Maravilha, menyamai Pele dan Romario (Maranhaoesportes.com)

Setelah menggeluti dunia sepak bola selama 27 tahun, Tulio Humberto Pereira Costa akhirnya bisa merealisasikan mimpi terbesar: mencetak 1000 gol dalam berbagai ajang sebelum pensiun.

Pemain gaek yang kini berusia 44 tahun itu menciptakan sejarah bersama klubnya sekarang, Araxa Esporte Club, saat melawan Mamore dalam laga divisi II liga lokal Minas Gerais, Brasil, pada akhir pekan.

Araxa menang 2-1 dengan Tulio menciptakan gol ke-1000 via eksekusi penalti.

"Saya sangat bahagia melihat banyak orang hadir menyaksikan laga ini untuk memberikan energi positif buat saya," ujar pengoleksi 15 penampilan dan 13 gol bagi timnas Brasil selama 1990-1995 itu di situs Quotidiano.net.

"Saya berterima kasih kepada mereka dan akan membayarnya dengan lebih banyak gol."

Sepanjang kariernya, ia biasa dikenal sebagai Tulio Maravilha. Nama belakangnya merupakan sebutan yang berarti "luar biasa" secara harfiah. Julukan itu diberikan karena naluri mencetak gol yang tinggi.

Meski lebih banyak membela segudang klub-klub divisi bawah, eks striker Botafogo itu layak mendapatkan kredit spesial. Prestasi membukukan 1000 gol sepanjang karier tentu amat langka. Dalam hal ini, Tulio sudah menyamai dua legenda besar Brasil, Pele dan Romario.