Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gerrard Pensiun dari Timnas Inggris

By Weshley Hutagalung - Senin, 21 Juli 2014 | 22:24 WIB
Steven Gerrard, pensiun dari timnas menyusul kegagalan Inggris. (Getty Images)

Steven Gerrard mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang sepak bola internasional pada Senin (21/7) . Menurut laporan FA, kapten Timnas Inggris itu berniat pensiun dari timnas.

Gelandang senior di Liverpool yang telah meraih 114 kaps untuk negaranya tesebut melakukan debut di timnas dalam kemenangan 2-0 atas Ukraina di Wembley pada 2000.

"Saya telah menikmati tiap menit saat mewakili negara saya, dan hari yang menyedihkan kala mengetahui saya tak akan menarik jersey Inggris lagi," katanya kepada situs resmi FA.

Penampilan Gerrard di Piala Dunia Brasil bulan lalu adalah keenam kalinya, tapi harus berakhir dengan kegagalan. Tim asuhan Roy Hodgson tersebut pulang cepat lantaran tersingkir di babak penyisihan grup. Gerrard tampaknya terpengaruh oleh kekecewaan itu, terlebih setelah kekalahan 1-2 dari Uruguay, ketika sundulannya mengakibatkan Luis Suarez mencetak gol kemenangan.

Pemain berumur 34 tahun itu mengaku bahwa keputusan pensiun dari pertandingan internasional adalah untuk memastikan bisa fokus bermain untuk Liverpool. "Saya ingin berterima kasih, pertama keluarga dan teman-teman atas dukungan mereka sepanjang perjalanan karier saya bersama Inggris," kata Gerrard.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada semua yang telah menjadi bagian dari karier di arena internasional, manajer Inggris, staf FA, dan semua pemain yang membuat saya merasa beruntung bisa bermain bersama mereka."

"Sebuah keputusan yang sangat sulit, salah satu yang tersulit dalam karier saya. Saya telah menderita selama ini sejak kembali dari Brasil dan telah berbicara dengan keluarga, teman, dan orang-orang dekat sebelum sampai ke titik ini."

"Untuk memastikan saya bisa terus bermain ke level tinggi dan memberikan segalanya untuk Liverpool, saya yakin keputusan ini adalah tepat, dan kembalinya Liga Champion di Anfield adalah faktor besar lain dalam keputusan saya," ucap Gerrard.