Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Matangkan Adaptasi Ban dan Bahan Bakar

By Fajar Mutaqin Ahmad - Kamis, 6 Februari 2014 | 08:46 WIB
Valentino Rossi (Mohd. Rasfan/AFP/getty Images)

Berbagai macam misi diusung para kontestan MotoGP 2014 saat melakoni sesi tes pramusim pertama yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia. Valentino Rossi misalnya, juara dunia tujuh kali itu datang ke Sepang untuk memaksimalkan ban serta peraturan baru seputar pembatasan penggunaan bahan bakar.

Rossi berhasil menempati urutan keempat pada tes pramusim hari kedua di Sepang, Rabu (5/2). Pebalap asal Italia itu kalah cepat dari trio Honda, Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Stefan Bradl. Namun, catatan waktu Rossi jauh lebih baik dari rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang finis keenam.

Meki demikian, Rossi menyadari bahwa perubahan yang terjadi musim ini membuatnya harus melakukan adaptasi lagi. "Kami mencoba ban baru pada hari ini. Saya berharap ban baru lebih baik, namun kenyataannya ada beberapa masalah yang masih harus diperbaiki," ujar Rossi, seperti dilansir Crash.

“Kami juga melakukan tes konsumsi bahan bakar. Sebab, mesin menjadi agak 'gugup' dan bukaan gas saat menikung penuh menjadi agak kasar. Oleh karena itu kami harus mencari keseimbangan yang pas," tutur Rossi.

Tes pramusim di Sepang akan berakhir pada Kamis (6/2).