Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Tolak Permintaan Barcelona Perkenalkan Suarez

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 14 Juli 2014 | 00:26 WIB
Luis Suarez (Getty Images)

Barcelona berhasil mendapatkan rekrutan spektakuler pada bursa trasfer musim panas 2014 dengan mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool. Akan tetapi, Barcelona tidak bisa memperkenalkan Suarez secara resmi di Camp Nou karena mendapat penolakan dari FIFA berkaitan dengan hukuman Suarez.

Barcelona merekrut Luis Suarez dari Liverpool dengan mahal sebesar 81 juta euro atau hampir 1,3 triliun rupiah. Sebagai rekrutan baru Barcelona tentu ingin memperkenalkan Suarez secara resmi kepada seluruh fan Blaugrana di Camp Nou. Akan tetapi, izin yang dilayangkan Barcelona mendapat penolakan dari FIFA.

Juru bicara FIFA, Delia Fischer mengonfirmasi adanya permintaan dari Barcelona untuk dapat memungkinkan memperkenalkan Suarez di Camp Nou. Akan tetapi, permintaan tersebut ditolak karena berkaitan dengan aktivitas sepak bola.

Luis Suarez harus menjalani hukuman larangan melakukan kegiatan dalam bentuk apapun yang berhubungan dengan sepak bola selama empat bulan hingga Oktober. Hukuman tersebut terkait gigitan yang dilakukannya terhadap Giorgio Chiellini di laga babak penyisihan grup Piala Dunia 2014.

"Larangan tersebut berkaitan dengan semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola. Ia tidak bisa berada dalam sebuah acara publik yang berhubungan dengan sepak bola di manapun tempatnya. Ia bahkan tidak bisa terlibat dalam acara amal yang berhubungan dengan sepak bola," kata Fischer.

Luis Suares yang didukung federasi sepak bola Uruguay, dan Barcelona telah mengajukan banding terkait hukuman yang harus dijalaninya, namun mendapat penolakan dari FIFA. Mereka pun tetap berupaya dan sekarang melakukan banding ke Pengadilan Arbitrasi Olah Raga (CAS).