Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inter Milan: Menyambut Perekrutan Dobel

By Eko Widodo - Selasa, 29 Juli 2014 | 14:21 WIB
Gary Medel (kanan), Secara teknis, kehadiran Medel bakal menambah tenaga dan mendukung variasi taktik ala Mazzarri. (Getty Images)

Sektor gelandang dan penyerang merupakan lini yang masih harus diperkuat Inter lewat bursa transfer musim panas ini. Dua calon penghuni baru di posisi tersebut kian mendekat.

Dalam kesem­pat­an diskusi dengan Harian BOLA beberapa waktu lalu, Presiden Inter asal Indonesia, Erick Thohir, menegaskan timnya butuh menutup lubang yang besar di lini tengah seturut kepergian Esteban Cambiasso.

Di sektor depan, pelatih Walter Mazzarri tak punya banyak opsi jika hendak memainkan pola tiga penyerang. Keberadaan Rodrigo Palacio, Mauro Icardi, dan Ruben Botta saja tak cukup. Kamis (24/7), kubu Sang Hitam-Biru mendapatkan perkembangan terbaru mengenai target dobel mereka.

Untuk pos gelandang, Inter sudah mencapai kesepakatan personal dengan pemain Cardiff, Gary Medel, sejak beberapa hari lalu. Personel timnas Cili di Piala Dunia 2014 itu setuju meneken kontrak berdurasi lima tahun dengan gaji 1,8 juta euro per musim.

Langkah terakhir adalah tinggal menanti anggukan dari klub empunya si pemain. Direktur La Beneamata, Piero Ausilio, pekan ini berada di Inggris guna mendiskusikan metode pembayaran transfer Medel dengan Cardiff. Gelandang berusia 26 tahun itu sebenarnya bisa secara cepat dimiliki Inter andai mereka menyerahkan uang tunai 8,5 juta euro (132,5 miliar rupiah) di muka.

Namun, Inter punya metode lain. Menurut Sportmediaset, formula yang ditawarkan Ausilio cs. adalah uang 7 juta euro plus bonus terkait pencapaian si pemain bersama Inter nanti, yang berjumlah sampai 2 juta euro.

Versi La Gazzetta dello Sport lain lagi. Alih-alih membayar tunai, Inter ingin meminjam Medel terlebih dulu selama semusim dengan biaya satu juta euro. Mereka kemudian mencicil biaya sisa transfer dalam dua tahap, yakni 3 juta euro di periode pertama dan 3,5 juta pada fase kedua. Berdasar formula yang kedua, Inter jadi akan menghabiskan total 7,5 juta euro untuk mematenkan transfer Medel ke Giuseppe Meazza.

Saat proses negosiasi itu berlangsung, Medel masih menikmati liburan di Cili. Setelah Cardiff mengiyakan proposal Inter, sang pemain baru akan melakoni tahap transfer berikut, yakni menjalani tes medis dan menyusul anggota lain Inter dalam tur pramusim ke Amerika Serikat.

Secara teknis, kehadiran Medel bakal menambah tenaga dan mendukung variasi taktik ala Mazzarri. Inter jadi berpotensi punya dua gelandang petarung berjulukan Pitbull sekaligus. Selain Medel, sebutan itu juga milik rekrutan anyar lain, Yann M’Vila.

Medel pun bisa memperkokoh lini belakang sebagai bek sentral, seperti yang dia lakoni di timnas Cili.