Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mengukur Keberhasilan Pembinaan Bola Basket KU

By Eko Widodo - Minggu, 27 Juli 2014 | 11:15 WIB
Cakrawala Tanago, juara DKI KU-18, akan mewakili tuan rumah di Kejurnas Kelompok Umur 2014. (Eko Widodo/BOLA)

Sebagai bentuk komitmen terhadap pembinaan bola basket di Tanah Air, setiap tahun Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) secara konsisten menggelar Kejuaraan Nasional Bola Basket Kelompok Umur (KU).

Pada 2014, PP Perbasi menunjuk Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi DKI sebagai tuan rumah. Kelompok umur yang dipertandingkan adalah KU 14 tahun, 16 tahun, dan 18 tahun.

Pertandingan setiap kelompok umur digelar terpisah sepanjang Agustus, dimulai KU 16 pada 13-20 Agustus, dilanjutkan KU 18 (17-23 Agustus), dan ditutup KU 14 (20-26 Agustus) dengan mengambil tempat di Gelanggang Remaja Kec. Pulo Gadung, Rawamangun, Jaktim. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran hingga 4 Agustus.

“Kami berharap ajang ini akan memunculkan atlet muda berbakat yang nantinya bisa mewakili Indonesia di kejuaraan internasional,” kata Wakil Ketua Umum PP Perbasi, Ade Bella Harahap, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (24/7).

Khusus KU 16, kejurnas ini akan dijadikan sebagai ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2014 di Jatim, Desember mendatang.

“Nantinya akan terpilih 10 tim putra dan 10 tim putri untuk PON Remaja I di Surabaya,” ujar Abdul Rozak, Kasubbid Perwasitan PP Perbasi.

DKI sebagai tuan rumah berharap bisa meraih kesuksesan ganda, baik dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi.

“Kami telah memilih manajer dan pelatih dari hasil kompetisi internal untuk menangani tim di setiap kelompok umur. Kami bertekad menyapu bersih gelar juara,” kata Azwar, ketua panpel sekaligus komisi pertandingan Pengprov Perbasi DKI.