Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RD: Persebaya Harus Tampil Lepas Lawan Mitra Kukar

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 1 Februari 2014 | 07:08 WIB
Rahmad Darmawan (Herka Yanis/Bolanews)

Klub Persebaya akan menjalani laga perdananya di Liga Super Indonesia (LSI), Sabtu (1/2) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, lawan Mitra Kukar. Tim besutan Rahmad Darmawan (RD) pun diwajibkan memenangi duel ini sebagai modal awal perjalanan mereka mengarungi LSI.

AKan tetapi, Rahmad Darmawan meyakini target ini tak akan mudah bagi timnya mengingat pertandingan pertama selalu sulit. "Semua tim pasti merasakan kesulitan yang sama. Bedanya, beban itu ada pada kami selaku tuan rumah. Namun sebisa mungkin anak-anak saya minta main lepas, menikmati permainan," jelas Rahmad.

Canggung dan grogi bisa saja hinggap pada benak pemainnya di laga ini, khususnya sejumlah pemain muda usia yang akan diturunkan RD di pertandingan tersebut. Maklum, untuk laga ini, RD akan mengkolaborasikan antara pemain senior dan muda.

RD meyakini perpaduan pemain senior dan muda lebih energik, serta bagus bagi tak-tik tim. "Setiap tim yang saya pegang selalu dihuni banyak pemain muda. Dan sejauh itu pula hasilnya cukup baik," terang RD.

Laga ini juga menjadi ujian pertama bagi OK Jhon sejak berkostum Persebaya. Pemain asal Nigeria ini memang harus bekerja keras di pertandingan ini. Pasalnya, jika melihat kualitas materi pemain Mitra Kukar tak kalah mentereng.

Ada tiga pemain timnas yang di dalam tubuh semifinalis Inter Island Cup 2014 ini. selain Raphael Maitimo, juga ada Diego Michiels dan Zulham Zamrun. Untuk nama terakhir, akan menjadi ancaman tersendiri bagi barisan pertahanan Persebaya. Apalagi ia bertandem dengan Erick Weeks Lewis.

Prakiraan Formasi:
Persebaya (4-3-3): Jendry Pitoy (K), Ricardo Salampesy, Manahati Lestusen, OK Jhon, Hasyim Kipuw (B), Alfin Tuasalamony, Dedi Kusnandar, Patrick Nzekou (T) Emmanuel Kenmogne, Greg Nwokolo (D).

Cadangan: 27-Thomas Ryan Bayu, 3-Vava Mario Yagalo, 22-Fandi Eko Utomo, 23-Leo Saputra, 32-Agu Casmir, 81-M.Ilham, 21.Ari Supriatna. Pelatih: Rahmad Darmawan

Mitra Kukar (4-4-2): 21-Joice Sorongan, Reinaldo Lobo, 20-Park Chung Hyung, 3-Zulkifli Syukur, Diego Michiels (B), Raphael Maitimo, 11Bima Sakti, Fadhil, Anindito Wahyu(T), 50-Erick Weeks Lewis, 7-Zulham Zamrun(D)

Cadangan: 1-Dian Agus, 2-Gunawan Dwi, 77-Danan Puspito, 10-Jajang Mulyana, 5-Hendra Ridwan, 16-Misriadi Didit. Pelatih: Stefan Hanson.

(Fahrizal Arnaz)