Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Apa yang Membuat Valentino Rossi Batal Pensiun?

By Tulus Muliawan - Jumat, 11 Juli 2014 | 18:15 WIB
Valentino Rossi, tak sabar ingin menyambut musim 2016. (Josep Lago/AFP/Getty Images)

Valentino Rossi memutuskan untuk memperpanjang kariernya di pentas MotoGP hingga dua tahun ke depan. Apa alasan di balik keputusan Rossi tersebut?

Pada awal musim 2014, Rossi pernah mengatakan "jika saya mampu tampil kompetitif sepanjang musim saya akan melanjutkan karier. Tapi jika tidak saya akan pensiun."

Sesuai janjinya, musim ini Rossi tampil mengesankan dengan menempel Marc Marquez sepanjang delapan seri yang telah dijalani. Juara dunia tujuh kali itu menempati posisi kedua dengan 128 poin hasil lima kali naik podium.

Selain karena penampilannya yang kian menanjak dari musim lalu, Rossi juga punya alasan lain yang membuatnya memilih untuk menunda masa pensiunnya.

"Saya sangat ingin mencoba motor 2016. Saya rasa kompetisi MotoGP akan berubah drastis setelah musim depan. Sebab, elemen penting seperti elemen elektronik dan ban akan berubah musim depan," tutur Rossi.

"Semua sepertinya akan mulai dari nol. Para pebalap akan tampil dengan gaya balap yang berbeda. Mereka juga akan memiliki jalan lain untuk mengontrol motornya," ujar pebalap berusia 34 tahun itu.