Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Louis van Gaal Kritisi Kebijakan Setan Merah

By Tulus Muliawan - Rabu, 23 Juli 2014 | 15:35 WIB
Louis van Gaal, mengeluhkan kebijakan klub. (John Peters/Getty Images)

Louis van Gaal sangat antusias ketika resmi ditunjuk sebagai pelatih Manchester United. Namun, ia menilai masih banyak hal yang wajib diperbaiki dalam kubu Setan Merah. Kekurangan apa yang dimaksud?

Van Gaal menilai kebijakan klub yang membuat agenda tur pramusim ke Amerika sebagai sebuah kesalahan. Terlebih lagi, para pemain masih harus disibukkan dengan agenda komersial dengan para sponsor.

Pelatih asal Belanda itu menyebut sejumlah kegiatan di luar pertandingan dan latihan yang dilakukan di AS akan mengganggu persiapan tim, terutama pertandingan pramusim menghadapi sejumlah tim elite Eropa di ajang International Championship Caup 2014.

"Kami harus mempersiapkan musim depan bersamaan dengan aktivitas komersial yang melibatkan para pemain. Mereka juga harus menjalani perjalanan panjang, terbang dalam jarak yang jauh, sehingga membuat mereka jet lag. Ini sangat mengganggu persiapan," ucap Van Gaal.

"Tapi apa boleh buat, tur ini sudah disusun sebelu saya menjadi manajer. Jadi saya harus beradapptasi dan saya berharap bisa segera beradaptasi," tutur Van Gaal. Ia juga meminta agar pihak klub selalu memerhatikan kondisi pemain di samping kepentingan komersial.