Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Minta CONMEBOL Jauhi Kasus Luis Suarez

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 24 Juli 2014 | 14:37 WIB
Luis Suarez (MIGUEL ROJO/GETTY IMAGES)

FIFA telah melayangkan peringatan kepada Asosiasi Sepak Bola Amerika Selatan, CONMEBOL. Hal ini terkait ikut campurnya Asosiasi tersebut dalam mengintervensi sanksi yang telah dijatuhkan FIFA kepada Luis Suarez di Piala DUnia 2014.

CONMEBOL baru-baru ini dikabarkan telah memberikan dukungannya kepada Suarez yang terbukti bersalah menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014. Bentuk dukungan tersebut adalah berupa pengajuan banding kepada FIFA untuk membatalkan sanksi yang dirasa terlalu berat.

Separti yang dikabarkan Marca, FIFA sebagai induk sepak bola dunia meminta CONMEBOL untuk menghormati kemerdekaan FIFA dalam memberikan sanksi. Pasalnya CONMEBOL telah memprotes hal tersebut terlalu keras.

"Sekjen tidak dalam posisi untuk campur tangan, berkomentar, atau mengambil tindakan apapun untuk mempengaruhi keputusan," kata FIFA dikutip dari Marca.

"Perlu diingat bahwa pengadilan FIFA memiliki kemerdekaan mutlak atas keputusan mereka dan secara khusus belum menerima instruksi apa pun dari instansi lain.

"Begitu juga dalam kasus ini, kami menegaskan kembali bahwa pengadilan terdiri dari banyak ahli dari banyak bidang agar semua anggotanya memiliki pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk bekerja secara spesifik dan dipilih oleh kongres FIFA," ungkapnya.