Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit Nasional Ingin ke Level Dunia

By Eky Rieuwpassa - Senin, 27 Januari 2014 | 18:08 WIB
Pelatihan dan Ujian Wasit PBSI. (PBSI)

29 Januari. Acara ini diikuti 23 peserta dari 15 provinsi di Indonesia. Seluruh peserta penuh semangat mengikuti ujian.

Edy Rufianto, salah satu peserta dari DKI Jakarta, berharap dirinya bisa terpilih sebagai satu dari enam kandidat wasit terbaik di tingkat nasional. Edy yang selama ini telah malang melintang sebagai wasit di turnamen kelas internasional, kini tengah menjajal kemampuan sebagai seorang wasit kelas dunia.

“Saya tentunya ingin hasil yang terbaik. Berharap dapat menyerap ilmu dari acara ini. Tidak mudah jadi wasit, tanggung jawabnya lebih besar dari wasit,” kata Edy.

Menurutnya, acara ini memegang peranan sangat penting bagi pengembangan calon-calon referee internasional asal Indonesia. Saat ini, referee Indonesia di tingkat nasional masih sangat sedikit jumlahnya. Edy pun berharap dengan diadakannya acara ini, Indonesia dapat menghasilkan referee-referee yang berkualitas.

“Kalau jumlah referee Indonesia di tingkat internasional semakin banyak, maka nama Indonesia akan terangkat dan lebih disegani. Tentunya kita bangga jika referee Indonesia bisa memimpin pertandingan di Olimpiade,” tambah Edy.