Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Prandelli, Italia Harus Bercermin dari Jerman

By Vessy Dwirika Frizona - Senin, 21 Juli 2014 | 18:21 WIB
Cesare Prandelli (Getty Images)

Cesare Prandelli membantah tudingan yang menyebut dirinya telah melarikan diri dari tanggung jawab sebagai pelatih timnas Italia, setelah timnya gagal di Piala Dunia.

Pelatih 56 tahun itu mengundurkan diri sebegai pelatih usai Gli Azzurrri tereliminasi di babak penyisihan grup karena kalah dari Uruguay dan Kosta Rika. Prandelli pun mengungkapkan alasannya dan mengapa Jerman layak meraih gelar juara.

"Jerman, ketika mereka berada dalam kesulitan, ada sebuah pertanyaan, apa yang dibutuhkan dari mereka," tutur Prandelli kepada Corriere della Sera.

"Mereka tidak menjawab 'Bayern' atau 'Dortmund', mereka menjawab 'Jerman'. Dan semua pihak mulai memenuhi kebutuhan negara tersebut."

"Timnas Italia bermain dengan 38 persen Italia. Juventus memiliki enam pemain asing. Fokus pada sektor pemain muda! Tapi bagaimana jika mereka didominasi dengan pemain-pemain asing? Apa yang bisa kita bicarakan?"

"Sepak bola kami perlu ditinjau. Sekali lagi, kita harus mulai dengan sebuah pertanyaan - apa yang tim yang paling penting di Italia? Ini bukan Inter, atau Juventus, Roma, Fiorentina atau Milan.

"Ini adalah tim nasional. Itulah satu-satunya cara untuk sampai benar-benar siap untuk sebuah kompetisi terbesar."