Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Federer Bisa Manfaatkan Kelengahan Nadal

By Eko Widodo - Jumat, 24 Januari 2014 | 07:23 WIB
Rafael Nadal vs Roger Federer (Getty Images)

Rafael Nadal jauh lebih diunggulkan dari Roger Federer untuk memenangi duel sengit di semifinal Australia Terbuka, Jumat (24/1). Meski Nadal unggul dalam banyak hal, Federer tetap punya peluang untuk mencuri kemenangan.

Statistik sepanjang penampilan mereka di Australia Terbuka memperlihatkan bahwa Nadal memang lebih tangguh. Namun, petenis asal Spanyol itu punya punya sisi lemah yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh Federer.

Sepanjang penampilannya dari babak pertama hingga babak perempat final, Nadal tercatat telah melakukan 117 kali unforced errors. Bahkan, catatan kesalahan itu terus bertambah dari babak ke babak.

Nadal juga tercatat telah melakukan 10 kali double fault. Sama seperti catatan unforced errors-nya, catatan double fault Nadal terus bertambah dari babak ke babak. Ini menandakan bahwa fokus Nadal mulai terkikis karena faktor fisik.

“Bermain melawan Nadal selalu terasa sulit. Tapi saya senang punya kesempatan bertanding menghadapinya lagi di turnamen grand slam,” tutur Federer seperti dilansir The National.

"Catatan pertemuan memang lebih berpihak kepadanya. Tapi saya akan berdiskusi dengan pelatih Stefan Edberg karena dia selalu punya ide yang cemerlang untuk dikerjakan," ucap Federer.