Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Firman Utina Menuju 1000 Menit Bareng Alfred Riedl

By Riemantono Harsojo - Rabu, 25 Juni 2014 | 13:18 WIB
Firman Utina (kanan) mulai mendapatkan menit bermain dari Alfred Riedl dalam laga uji coba melawan Uruguay di Senayan pada Oktober 2010. (AFP)

laga internasional A yang masuk catatan FIFA, Firman Utina menjadi salah satu pemain yang paling banyak diberi menit bermain oleh Alfred Riedl.

Alfred Riedl pertama kali memberi kepercayaan kepada Firman Utina dalam pertandingan debutnya sebagai pelatih timnas, yakni melawan Uruguay di Senayan pada 8 Oktober 2010. Dalam laga yang berakhir 1-7 buat Uruguay itu, Firman Utina bermain selama 77 menit. Ia diganti oleh Oktovianus Maniani.


Sejak pertandingan melawan Uruguay, kemudian uji coba melawan Maladewa, Timor Leste, Taiwan, laga-laga di Piala AFF 2010, hingga periode kedua Alfred Riedl membesut timnas, Firman Utina sudah sekitar 950 menit diberi kepercayaan bermain bersama timnas oleh pelatih asal Austria itu.


Angka 950 menit itu hanya berasal dari laga-laga internasional A yang masuk dalam catatan di situs FIFA. Firman Utina mendapatkan 835 menit bermain bareng timnas di periode pertama Alfred Riedl menangani timnas senior, yakni pada Oktober hingga Desember 2010.


Sisa 115 menit penampilan Firman Utina bareng timnas senior diperoleh pada periode kedua Alfred Riedl menukangi timnas, yaitu sejak Maret 2014. Gelandang Persib Bandung itu bermain dalam 9 menit terakhir laga melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Asia 2015 di Dammam. Kemudian ia main 63 menit saat timnas bertemu Andorra di Valencia serta selama 45 menit kedua dalam laga melawan Kuba di Alzira.


Firman akan menembus 1000 menit bermain di timnas asuhan Alfred Riedl jika gelandang asal Manado berusia 32 tahun itu dimainkan lebih dari satu babak dalam laga uji coba melawan Nepal di Malang pada Rabu, 25 Juni. Jika pertandingan timnas melawan ASEAN All Stars dan Pakistan yang tak masuk daftar di situs FIFA juga dihitung, Firman Utina sudah 1057 menit main di timnas asuhan Alfred Riedl. Gelandang yang mengawali karier di Persma Manado itu main 45 menit saat melawan ASEAN All Stars dan 62 menit kala melawan Pakistan.