Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Yamaha Ingin Ikat Rossi Hingga Selepas Pensiun

By Oka Akhsan M. - Kamis, 3 Juli 2014 | 18:57 WIB
Valentino Rossi, di Yamaha hingga 2016. (Quique Garcia/AFP/Getty Images)

Yamaha resmi memperpanjang kontrak Valentino Rossi hingga 2016, Rabu (2/7). Bos Yamaha, Lin Jarvis, berharap Rossi akan bertahan di Yamaha hingga pensiun dan seterusnya.

Rossi pertama kali bergabung dengan Yamaha pada 2004. Bersama Tim Garpu Tala, Rossi meraih empat titel juara dunia sebelum hengkang ke Ducati pada akhir 2010.

Kurang berprestasi di Ducati, Rossi memutuskan kembali ke Yamaha pada 2013. Perlahan Rossi kembali menemukan performa terbaik. Pada musim ini, ia menempati posisi kedua klasemen sementara di belakang sang juara dunia bertahan, Marc Marquez (Honda), yang belum terkalahkan.

"Saya sangat senang kami mencapai kesepakatan dengan Valentino untuk 2015 dan 2016. Fan balap motor di seluruh dunia begitu bahagia melihatnya kembali kompetitif dan menikmati beraksi di atas motor setelah menjalani dua musim yang sulit," kata Jarvis.

Satu hal yang masih menjadi spekulasi adalah masa depan Rossi setelah kontraknya habis pada 2016. Beberapa rumor menyebut ia akan mencoba peruntungan di Kejuaraan Dunia Superbike. Tak sedikit pula yang mengabarkan The Doctor bakal pensiun.

Apapun jalan yang dipilih, Jarvis yakin Rossi akan tetap bersama Yamaha, meski dengan peran yang berbeda.

"Kami menantikan dua setengah tahun ke depan secara bersama-sama. Niatan kami adalah mempertahankan Rossi di Yamaha hingga akhir karier balapnya dan seterusnya," ujar Jarvis.