Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Berhenti di Semifinal

By Ade Jayadireja - Sabtu, 21 Juni 2014 | 17:11 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Fernando Randy/Bolanews)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal menyumbang gelar untuk Indonesia di ajang BCA Indonesia Terbuka Super Series Premier 2014. Ganda campuran juara dunia 2013 itu kandas di tangan pasangan Tiongkok, Xu Cen/Ma Jin, dalam partai semifinal yang berlangsung Sabtu (21/6).

Bermain di bawah dukungan suporter yang memadati Istora Senayan, Jakarta, Tontowi/Liliyana tampil meyakinkan ketika memenangi gim kedua dengan skor 21-18. Namun, kemudian mereka menyerah 12-21 di gim kedua.

Memasuki gim ketiga, penampilan Owi/Butet semakin memburuk. Kesalahan dan kegagalan membendung serangan lawan membuat mereka tertinggal jauh 5-14.

Pada akhirnya, kemenangan menjadi milik Xu/Ma. Pukulan Tontowi yang membentur net memastikan pasangan Tiongkok memenangi gim ketiga dengan skor 21-15.

"Saat unggul 11-3 di gim ketiga, saya merasa di situlah titik balik. Saya juga melihat Liliyana sudah kehabisan tenaga," ujar Xu.

Dengan hasil ini, Indonesia menyisakan satu wakil, yaitu Hendraw Setiawan/Mohammad Ahsan. Hingga berita ini diturunkan, ganda putra nomor satu Tanah Air itu belum bertanding melawan Kim Ki-jung/Kim Sa-rang.