Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Menuju Spanyol, Ujian Sesungguhnya

By Eko Widodo - Senin, 30 Juni 2014 | 15:07 WIB
Maldini (kanan), pemain skuat Indonesia U-19, akan berujicoba ke Spanyol. (Gonang Susatio)

19 bakal menjalani pertandingan-pertandingan berkualitas tinggi di International Football Tournament U-20 of Alcudia (Cotif) di Valencia, Spanyol, 10-20 Agustus. Lawan-lawan berat telah menanti Tim Garuda Jaya. Timnas U-19 bersanding dengan Argentina U-20, Barcelona U-20, Mauritania U-20, dan Arab Saudi U-19.

Pelatih Indra Sjafri tak lantas panik melihat hasil undian turnamen Cotif. “Tidak ada masalah satu grup dengan mereka, tak ada yang perlu ditakuti. Yang penting, kami tetap berusaha keras dan penuh keyakinan bahwa kami bisa mengatasi mereka,” ujarnya.

Sang mentor menambah­kan para pemainnya tak merasa minder bakal menghadapi lawan-lawan yang memiliki tradisi kuat di dunia sepak bola internasional. “Kalau tidak pernah menghadapi lawan yang berat, tim pelatih tidak akan pernah tahu sejauh mana perkembangan para pemain,” kata Indra.

Cotif adalah turnamen sepak bola persahabatan internasional yang diikuti oleh klub U-20 maupun tim nasional U-20 dan diadakan setiap bulan Agustus di Kota La Alcudia.

Sejarah turnamen ini ber­awal saat EC I’Alcudia diundang untuk mengikuti turnamen sepak bola di Kota Bollene, Prancis, pada 1983, di mana tim peserta berasal negara-negara dari kawasan Eropa.

Ketika kembali ke negaranya, mereka mulai merencanakan membuat turnamen serupa yang ternyata sangat didukung oleh Dewan Kota dan seluruh penduduk Kota La Alcudia. Pada Agustus 1984, turnamen sepak bola internasional level usia U-20 pertama diadakan di Alcudia dengan nama beken Cotif.

Bintang-bintang sepak bola dunia seperti Iker Casillas, Raul Gonzales, Andriy Shevchenko, hingga Cafu pernah ambil bagian di turnamen ini. Pada 2013, tim Spanyol U-20 menjadi kampiun Cotif.

Jika mau sukses, timnas U-19 harus bekerja ekstra keras karena tim yang tampil di turnamen 2014 ini rata-rata berkualitas internasional. Dua pesaing di Piala AFC U-19, Arab Saudi serta Qatar, juga masuk dalam daftar peserta.