Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ayah Jenson Button, John, Wafat

By Arief Kurniawan - Selasa, 14 Januari 2014 | 00:36 WIB
John Button dicium Jenson tak lama setelah dia jadi juara dunia 2009. (theguardian)

Beberapa hari menjelang tes perdana pramusim 2014 digelar, kabar duka datang dari keluarga Jenson Button. Sang ayah, John, wafat dalam usia 70 tahun di kediamannya di selatan Prancis, Minggu (12/1). Penyebab kematian sementara ini disinyalir adalah serangan jantung.

John adalah pengunjung setia paddock F1. Dia kerap terlihat di garasi dan motorhome di mana pun anaknya membalap, apakah itu Williams di awal karier Button, atau Brawn GP saat pebalap Inggris itu jadi juara dunia 2009, atau di McLaren kini.

Manajemen Button membuat pernyataan resmi terkait kematian John. "Dengan bersedih hati kami mengonfirmasi bahwa John telah wafat di rumahnya. Saat ini kami menduga kematiannya adalah karena serangan jantung. Seorang rekan dekat yang tadinya ingin mengunjungi John malah menemui jasadnya," demikian bunyi pernyataan itu.

Bos McLaren, Martin Whitmarsh, mengatakan bahwa selama ini dia banyak bertemu dengan ayah para pebalap. "Tapi John jelas yang paling setia terhadap anaknya dibanding ayah-ayah pebalap yang lain," kata Whitmarsh. "Kami semua di McLaren turut berduka cita kepada keluarga Button dan saya yakin seluruh Formula 1 pun merasakan hal sama."