Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19: Tantangan Berat Menjaga Kebugaran

By Eko Widodo - Kamis, 3 Juli 2014 | 18:53 WIB
Latihan timnas U-19, harus pintar-pintar menyiasati latihan. (Fernando Randy)

19, Indra Sjafri, memastikan akan memanfaatkan sisa laga Tur Nusantara II untuk memperbaiki kinerja tim asuhannya.

Selepas melakoni pertandingan me­lawan tim PON Jawa Barat, Evan Dimas cs. sudah ditunggu tiga lawan asal Jawa Timur, yakni Persik U-21 pada Jumat (4/7), Arema U-21 pada Senin (7/7), serta Persida Sidoarjo pada Jumat (11/7).

Tantangan terberat yang dirasa­kan punggawa Garuda Jaya adalah ketiga pertandingan itu dihelat pada bulan Ramadhan. Ke­bugar­an sebagian besar pemain tidak dalam kondisi ideal karena menjalani ibadah puasa.

Indra tidak akan mem­beda-bedakan porsi latihan buat pemain Muslim dan non-Muslim. “Porsi latih­an tetap sama rata. Hanya durasi­nya yang mungkin disesuai­kan. Tidak mungkin tim pelatih memaksa para pemain yang berpuasa menjalani latihan fisik berat dalam durasi berjam-jam setiap harinya,” kata Indra.

Asupan gizi, nutrisi, dan vitamin buat pemain diatur sedemikian rupa untuk menjaga kestabilan tubuh punggawa Tim Merah-Putih. Penerapan sport science amat krusial di bulan Ramadhan.

Salah satu metode sederhana yang diterapkan kepada para pemain adalah instruksi untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak di luar waktu puasa.