Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arema Cronus: Menjadi Lawan Tanding Timnas U-23

By Eko Widodo - Kamis, 3 Juli 2014 | 15:31 WIB
Benny Wahyudi, pemain Arema Cronus, akan hadapi timnas U-23. (Iwan Setiawan)

23 saat menggelar pemusatan latihan di Malang mulai Kamis (3/7). Tim yang bakal diterjunkan ke Asian Games 2014 itu membidik satu-satunya klub profesional di Malang, Arema Cronus, sebagai lawan uji coba.

Saat menjalani pemusatan latihan keempat di Yogyakarta pada bulan lalu, timnas U-23 sempat dijadwalkan untuk menghadapi Senegal dan Irak. Akan tetapi, kedua lawan itu membatalkan diri. Kemudian, PSSI dan BTN mengumumkan tim pengganti Senegal dan Irak, yakni Tanzania dan Oman. Ternyata, dua negara itu juga membatalkan uji coba dengan tim Garuda Muda.

Kini, menghadapi Arema Cronus, tim pelatih berharap tak ada kendala lagi. Pasalnya, waktu Asian Games hanya sekitar dua bulan lagi. Jadi, pematangan materi pemain lewat uji coba harus segera dilakukan.

Pelatih timnas U-23, Aji Santoso, mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan pelatih Arema, Suharno, terkait laga tersebut sebab Bayu Gatra dkk. membutuhkan lawan tanding yang berkualitas sebagai ganti beberapa uji coba yang gagal selama pelatnas sebelumnya.

”Kami baru akan memulai latihan pada 4 Juli. Pembicaraan antara pelatih sudah dilakukan. Rencananya uji coba dengan Arema akan berlangsung pada 11 Juli, tapi semua itu tergantung pembicaraan antara manajemen Arema dengan BTN,” kata Aji.

Namun, pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu masih menyimpan rapat nama-nama pemain yang akan dibawa ke Malang. Daftar nama sudah disetorkan ke BTN dan selanjutnya menjadi tugas BTN untuk mengumumkan.

”Mungkin Rabu (2/7) BTN sudah merilis siapa saja pemain yang akan dibawa,” ujarnya. Aji hanya memastikan masih terus mencari komposisi yang tepat dalam pelatnas di Malang. Selama di Malang, pasukan Garuda Muda akan bermarkas di Stadion Gajayana, Malang.

Sementara itu, Arema lewat Media Officer Sudarmaji mengaku uji coba melawan timnas U-23 sudah pasti. Selasa (1/7), manajemen sudah melakukan pembicaraan dengan pihak BTN dan panpel lokal di Malang. ”Semua persiapan sudah dilakukan. Pertandingan uji coba akan digelar di Kanjuruhan, Malang, kandang Arema,” tutur Sudarmaji.