Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nuno Gomes Tak Percaya Kutukan Guttman

By Jumat, 6 Juni 2014 | 23:07 WIB
Nuno Gomes (Fernando Randy/BOLA)

Sepanjang 52 tahun sudah Benfica berpuasa gelar di pentas antarklub Eropa. Banyak orang berpendapat bahwa kering prestasi itu terjadi lantaran Benfica kualat dengan eks pelatih mereka, Bela Guttman.

Guttman adalah pelatih Benfica pada rentang 1959-1962. Ia mempersembahkan sepasang gelar Liga Champion bagi Benfica pada 1961 dan 1962.

Setelah meraih gelar LC,  Guttman percaya diri untuk meminta kenaikan gaji kepada manajemen klub. Namun, permintaan itu ditolak. Guttmann lantas menyumpahi Benfica dengan berujar bahwa klub itu tak akan menjuarai kompetisi antar klub Eropa 100 tahun sejak saat itu.

Kutukan Guttman tersebut benar-benar menjadi kenyataan. Benfica selalu gagal dalam delapan laga final kompetisi antarklub Eropa. Tren itu dimulai sejak 1963.

Hanya, bagi Nuno Gomes, kutukan Guttman itu bukanlah penyebab bagi serangkaian kegagalan yang dialami Benfica.

"Saya tak percaya dengan kutukan Guttman. Fenomena semacam ini sangat mungkin terjadi dalam sepak bola. Saya yakin Benfica sanggup melaju ke final Liga Europa lagi tahun depan dan membawa pulang trofi juara," kata Gomes dalam sesi wawancara eksklusif dengan Bolanews, Jumat (6/6).