Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Martino Kembali Komentari Kondisi di Barcelona

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 28 Juni 2014 | 05:25 WIB
Gerardo Martino (kanan) (Emiliano Lasalvia/STR/Getty Images)

Mantan pelatih Barcelona, Gerardo martino yang telah mengundurkan diri setelahgagal total di musim 2013/14, kembali mengomentari kondisi dan pengalamannya selama di Camp Nou. Pelatih asal Argentina itu mengatakan bahwa sangat sulit menjadi pelatih Blaugrana.

Bagi Martino, sebuah kemenangan dalam pertandingan adalah sepenuhnya berkat para pemain Barcelona. Namun, bila mengalami kekalahan, maka itu adalah tanggung jawab seorang pelatih. Terlebih, tim yang dimiliki saat ini akan selalu dibanding-badingkan dengan tim yang pernah dimiliki Josep Guardiola.

"Tim Barcelona milik Pep adalah tim terbaik di sepanjang sejarah. Untuk membandingkannya dengan tim itu tidak akan pernah positif. Di Barca, menang saja tidak cukup," kata Martino dikutip dari Football Espana.

"Di Barcelona, jika Anda memenangkan pertandingan, maka itu adalah berkat para pemain. Jika Anda kalah, maka itu adalah salah saya (pelatih). Sulit untuk melanjutkannya. Ketika para pemain mendukung pelatih mereka di hadapan publik, itu akan terasa bagus pada saat itu. Tetapi cepat atau lambat Anda akan segera merasa letih," ungkapnya.