Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serba-Serbi Sepak Bola: Agenda Timnas U-16 Diubah

By Eko Widodo - Kamis, 26 Juni 2014 | 10:12 WIB
(nunk)

16 untuk berpartisipasi dalam turnamen persiapan Piala AFF di Solo pada Agustus batal. Turnamen yang rencananya diikuti Myanmar, Thailand, dan Australia sebagai tim yang akan berlaga di putaran final Piala AFC U-19 itu tak jadi berjalan.

Semula turnamen mini tersebut akan diikuti ketiga negara itu ditambah Indonesia sebagai tuan rumah. Namun, Australia memilih mundur karena pemainnya sedang mengikuti ujian sekolah.

Sempat muncul opsi untuk menyesuaikan jadwal dan sistem turnamen lantaran Australia mundur, tapi hal itu dinilai tidak efektif. Alhasil, Indonesia, Malaysia, dan Thailand mengajukan pembatalan kepada Komite Kompetisi AFF.

“Nantinya akan menjadi keputusan Komite Kompetisi AFF di forum AFF untuk disahkan. Paling lambat secara definitif pada 5 Agustus. Namun, secara nonresmi kami sepakat turnamen itu dibatalkan.” ujar Joko Driyono, sekjen PSSI.

Batalnya agenda itu berimbas pada rencana pemusatan latihan timnas Indonesia U-16.

“Semula timnas U-16 harus sudah memulai pemusatan latihan pada Juli. Akan tetapi, karena ada pembatalan turnamen persiapan Piala AFF pada Agustus, maka pencarian pemain di daerah akan diperpanjang. Pemusatan latihan nasional jangka panjang akan dimulai pada Agustus,” ungkap Joko.