Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Dokter: Kondisi Michael Schumacher Membaik

By Eko Widodo - Rabu, 1 Januari 2014 | 07:19 WIB
Professor Stephan Chabardes (kiri), Professor Jean-Francois Payen (tengah), dan Professor Emmanuel Gay (kanan) dalam jumpa pers di Grenoble University Hospital Centre. (Getty Images)

Kondisi pebalap asal Jerman, Michael Schumacher, membaik. Demikian penjelasan dari tim dokter yang menangani operasi kepala Schumacher. Schumacher mendapatkan dua kali operasi.

"Kondisinya membaik," kata dokter kepada BBC. Schumacher mengalami kecelakaan saat bermain ski di Alpen, Senin WIB. Tujuh kali juara dunia berusia 44 tahun itu masih di ruangan ICU rumah sakit Grenoble, Prancis.

"Namun ia masih dalam zona bahaya," tambah dokter.

Scan awal pada Selasa (31/12) menunjukkan "situasi membaik" dan menunjukkan jendela kesempatan untuk operasi kedua, kata dokter. Keluarga mengambil "keputusan yang sulit" untuk memberikan persetujuan untuk prosedur itu. Ahli bedah terbaik di Grenoble mengoperasi Schumacher selama sekitar dua jam.

"Kita tidak bisa mengatakan dia sudah keluar dari bahaya. Tapi kita telah mendapatkan sedikit waktu," kata Prof. Dr Jean-Francois Payen, ahli bedah pada hari Selasa waktu setempat. "Jam-jam mendatang menjadi sangatlah penting."

"Seluruh keluarga sangat menyadari bahwa pernyataan itu masih sensitif dan apa pun bisa terjadi." Dokter mengatakan itu tidak mungkin untuk memberikan prognosis untuk kondisinya dalam beberapa hari/bulan mendatang.