Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapa Debutan Berikut Timnas di Era Kedua Riedl?

By Riemantono Harsojo - Selasa, 24 Juni 2014 | 16:06 WIB
Gerald Pangkali dan Dedi Hartono dalam pertandingan timnas melawan Pakistan di Sidoarjo pada 21 Juni 2014. (Suci Rahayu-BOLANEWS)

Jika data di situs resmi FIFA menjadi acuan, pada era kedua Alfred Riedl timnas Indonesia sudah tiga kali menjalani laga internasinoal A, dan ia sudah memberi kesempatan kepada lima pemain untuk melakukan debut timnas. Siapa bakal melakukan debut di laga melawan Nepal pada Rabu, 25 Juni, di Malang?

Sebenarnya jumlah pemain yang melakukan debut di era kedua Alfred Riedl sebagai pelatih timnas Indonesia lebih dari lima pemain. Pada 21 Juni lalu, sejumlah pemain untuk kali pertama mengenakan kaus merah Garuda dalam laga internasional melawan Pakistan di Sidoarjo.


Mereka adalah gelandang Steven Imbiri, Rizky Pora, Dedi Hartono, dan Gerald Pangkali. Namun setelah beberapa hari dimainkan, pertandingan Indonesia melawan Pakistan tidak tercantum di situs FIFA sebagai laga internasional A. Mungkin karena Pakistan tidak menampilkan timnas senior. Pakistan tampil dengan timnas U-23.


Pada pertandingan melawan Nepal, yang sudah masuk daftar laga di situs FIFA, pemain seperti Steven Imbiri, Rizky Pora, Dedi Hartono, dan Gerald Pangkali bisa melakukan debut yang sah di laga internasional A.


Sementara itu, lima pemain yang melakukan debut timnas di laga internasional A pada era kedua kepemimpinan Alfred Riedl di Garuda adalah Andritany Ardhiyasa (melawan Andorra di Spanyol), Bayu Gatra (Andorra), Rizky Pellu (Andorra), Tantan (Andorra), dan Manahati Lestusen (Andorra).