Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roberto Mancini, Terdepan Gantikan Prandelli

By Verdi Hendrawan - Rabu, 25 Juni 2014 | 08:31 WIB
Roberto Mancini, calon kuat pelatih timnas Italia berikutnya. (John Berry/Getty Images)

Kegagalan membawa Italia bersinar di Piala Dunia 2014 setelah disingkirkan oleh Uruguay di laga terakhir fase Grup D, membuat pelatih Cesare Prandelli memutuskan untuk mundur. Kini beberapa nama pengganti telah muncul.

Beberapa pelatih seperti Roberto Mancini, Massimiliano Allegri, Luciano Spalletti, dan Alberto Zaccheroni adalah kandidat terkuat untuk menjadi pelatih timnas Italia berikutnya. Namun, nama pertama yang disebut dipandang sebagai kandidat terkuat.

Hal ini perlu dilakukan secepatnya oleh Federasi Sepak Bola Italia, FIGC, bila gagal mempertahankan Prandelli. Hal ini demi mempercepat persiapan tim jelang babak Kualifikasi Piala Eropa 2016 yang akan segera dimulai pada September 2014.

Jika melihat track record, Mancini pantas dikedepankan. Mantan pelatih Manchester City itu pernah sukses menjuarai Premier League musim 2011/12 dan kini tengah tidak memiliki klub setelah memutuskan hubungan kerjanya dengan Galatasaray.

Selain Mancini, Allegri, Spalletti, dan Zaccheroni, ada beberapa calon potensial, seperti Antonio Conte dan Carlo Ancelotti. Namun, tampaknya akan sulit melepas salah satu dari kedua pelatih itu dengan klubnya saat ini, Juventus dan Real Madrid.

Selain Mancini, Zaccheroni tampaknya akan menjadi nama selanjutnya untuk dipertimbangkan. Meski gagal membawa Jepang lolos di Brasil 2014, namun pelatih berusia 61 tahun itu sukses membawa Samurai Biru menjuarai Piala Asia 2011 dan menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2014 dari zona Asia.