Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wawrinka Pasrah Jadi Unggulan ke-5

By Eko Widodo - Kamis, 19 Juni 2014 | 20:55 WIB
Stanislas Wawrinka (Getty Image)

5 pada Wimbledon di Inggris, 23 Juni-6 Juli. Dengan posisinya tersebut, Wawrinka dipastikan sudah bertemu pemain empat besar sebelum semifinal.

Wawrinka sebenarnya berada di peringkat ke-3 dunia. Tapi sistem unggulan di Wimbledon tak hanya berpatok pada ranking tapi juga melihat hasil terakhir di turnamen lapangan rumput setidaknya dua tahun terakhir.

Wawrinka punya rekor buruk di Wimbledon. Pemain Swiss itu tak pernah bisa melewati babak IV dan pada dua tahun terakhir selalu tumbang di babak I. Sebaliknya, Andy Murrah, meski hanya berada di peringkat ke-5 diunggulkan di tempat ke-3 karena ia selalu masuk final dua tahun terakhir, bahkan menjadi kampiun 2013.

"Wimbledon melakukan apa yang mereka inginkan, buat saya tak masalah. Saya tahu rekor buruk saya di lapangan rumput dua tahun terakhir dan sadar saya akan turun di daftar unggulan," tutur Wawrinka.

"Pada akhirnya, semua itu tidak berpengaruh. Kita tetap harus bermain baik dan memulai turnamen ini dengan baik jika ingin melangkah jauh," tambah pemain berusia 29 tahun itu.