Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Muenchen Juarai Piala Dunia Antar Klub 2013

By Suryo Wahono - Minggu, 22 Desember 2013 | 04:51 WIB
Selebrasi para pemain Bayern Muenchen untuk gol pertama yang berhasil dicetak Dante (kanan). (Anadolu Agency/Getty Images)

0.

Muenchen yang berhasil menguasai bola sebanyak 73 persen dibandingkan dengan 27 persen yang dimiliki Raja Casablanca, gagal membuat wakil Eropa itu berpesta gol di gawang yang dikawal oleh kiper Khalid Askri.

Harapan ini sempat membumbung tinggi dikarenakan oleh keberhasilan Muenchen mencetak dua gol dengan cepat di awal babak pertama yang belum genap berusia 30 menit.

Gol pertama Muenchen berhasil lahir di menit ke-7. Berawal dari tendangan penjuru Xherdan Shaqiri, bola berhasil disambut Kevin Boateng yang tanpa diduga ternyata diberikan kepada Dante yang berdiri bebas si depan gawang Askri. Bek asal Brasil itu pun dengan mudah membawa Muenchen unggul 1-0.

Sedangkan gol kedua berhasil tercipta di menit ke-22 melalui Thiago Alcantara. Mantan pemain Barcelona itu berhasil memanfaatkan umpan David Alaba yang ia selesaikan dengan tendangan keras terukur.

Setelah itu, meskipun mampu terus mengendalikan permainan, juara Liga Champion Eropa 2012/13 itu gagal kembali mencetak gol hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini membuat Bayern Muenchen berhasil meraih gelar kejuaraan Interkontinental ini untuk pertama kalinya sejak berganti format pada 2066 silam. Sedangkan bagi Pelatih Josep Guardiola, ini adalah kali ke tiga setelah sebelumnya pernah dua kali memenangkannya bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.