Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Everton Keluarkan 11 Juta Pound untuk Gareth Barry

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 4 Juni 2014 | 16:12 WIB
Gareth Barry, permanen di Everton. (Clive Brunskill/Getty Images)

Dipinjamkan oleh Manchester City ke Everton sepanjang musim lalu, Gareth Barry tampil memuaskan. Dia menyumbang tiga gol dan empat assist dalam 32 penampilannya. Everton dibawanya finis di peringkat lima.

Performa itu membuat Pelatih Everton, Roberto Martinez, jatuh hati. Dia pun menetapkan bahwa Barry harus direkrut secara permanen mulai musim kompetisi 2014/15.

Kontrak Barry dengan City berakhir pada Juni 2014. Secara teori, Everton seharusnya bisa merekrutnya secara gratis. Akan tetapi, The Blues ternyata harus mengeluarkan uang sekitar 11 juta pound untuk mendapatkan Barry.

Everton mesti membayar 2 juta pound kepada City sebagai bagian dari kontrak peminjaman pada musim panas lalu. Kemudian Everton juga harus menyiapkan 9 juta pound untuk membayar gaji Barry.

Gelandang bertahan berusia 33 tahun itu bakal diikat kontrak selama tiga tahun dengan upah 60 ribu pound per minggu. Dalam tiga tahun, bayarannya mencapai lebih dari 9 juta pound.

Arsenal, Newcastle, Tottenham, dan West Ham dikabarkan juga tertarik merekrut Barry. Namun, mereka tidak bisa menyamai tawaran gaji yang diberikan oleh Everton.