Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsenal Dibayangi Kelelahan

By Ade Jayadireja - Jumat, 13 Desember 2013 | 15:24 WIB
Alvaro Negredo berebut bola dengan Laurent Koscielny (Getty Images)

mati di Liga Champion pada pertengahan pekan, Arsenal harus mengunjungi kandang Manchester City dalam lanjutan English Premier League, Sabtu (14/12). Kelelahan mengancam misi The Gunners untuk meraup tiga poin dari Etihad Stadium.

Desember selalu menjadi bulan sibuk bagi klub-klub Inggris, khususnya yang mengikuti lebih dari dua kompetisi, tak terkecuali Arsenal. Berupaya merebut tiket ke babak 16 besar Liga Champion, manajer Arsene Wenger menurunkan skuat terbaik tatkala menghadapi Napoli di San Paolo, Rabu (11/12), di matchday 6.

Arsenal kalah 2-0 dari tuan rumah, tetapi berhak lolos dari fase grup lantaran unggul selisih gol dengan wakil Italia. Tugas tak kalah berat telah menanti, partai tandang kontra penghuni posisi empat City. Kemenangan menjadi harga mati bagi Arsenal jika ingin menjaga jarak tetap lima poin dengan peringkat kedua Liverpool, yang akan bertandang ke Tottenham Hotspur, Minggu (15/12).

Kendala yang tidak bisa dipungkiri Arsenal adalah kebugaran. City lebih unggul mengingat arsitek Manuel Pellegrini tidak menurunkan kekuatan penuh dalam kemenangan 3-2 atas Bayern Muenchen. Selain itu, partai di Fussbal Arena berlangsung pada Selasa. Maka, waktu istirahat The Citizens lebih lama 24 jam dari Arsenal.

Fakta di atas baru menyangkut jam bertanding kedua tim di Liga Champion. Secara fisik, Arsenal juga lebih lelah karena harus berada di pesawat lebih lama ketimbang City. Jarak 1.617 km antara Napoli dan London harus ditempuh tim pemuncak klasemen dengan penerbangan selama empat jam tujuh menit, sementara City hanya menghabiskan dua jam lima menit untuk melintasi jarak 1.133 km dari Muenchen.

Seperti dilaporkan Dailymail, Aaron Ramsey, dkk. baru tiba di London, Kamis (12/12), pukul empat pagi waktu setempat (11.00 WIB). Gelandang Mikel Arteta mengeluhkan kesibukan timnya.

“Saya tidak mengerti mengapa kami bermain melawan Everton pada Minggu sore, bermain di Naples pada Rabu malam, kembali ke London jam 4 pagi dan bertanding lagi lebih awal pada Sabtu di Manchester.

“Jadwal ini tidak ideal sebab City akan siap melawan kami karena mereka mengistirahatkan tujuh pemain di Muenchen.”

Selain fisik, kelelahan mental bisa memengaruhi hasil pertandingan. Semangat City tengah terdongkrak berkat kemenangan mengejutkan atas FC Hollywood, sementara Arsenal perlu membenahi mental yang diganggu oleh kekalahan dari Partenopei.

(Theresia Simanjuntak)