Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kritik buat Juventus

By Beri Bagja - Minggu, 1 Juni 2014 | 23:04 WIB
Ciro Immobile, tak dipercaya Juventus? (Claudio Villa/Getty Images)

talenta terbaik dalam negeri. Wajar bila I Bianconeri rutin memasok pemain untuk menjadi tulang punggung timnas Italia. Bukti sahih terhampar pada komposisi skuat sementara Italia untuk Piala Dunia. Dari 30 pemain yang dipilih pelatih Cesare Prandelli, enam orang berasal dari Juventus.

Mereka ialah Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Andrea Pirlo, serta Claudio Marchisio. Melihat susunan pemain-pemain tersebut, bisa diamati bahwa Juventus tak mewakilkan pemain hanya di lini depan. Kekurangan itulah yang dianggap sisi negatif kubu La Vecchia Signora.

Hijrahnya Ciro Immobile ke Borussia Dortmund memperkuat tudingan bahwa Juventus semakin tak percaya kepada penyerang lokal. Sebelumnya, Immobile dimiliki bersama oleh Juve dan Torino. Sepanjang kariernya, pemain tersubur Serie A 2013/14 dengan 22 gol itu hanya mencicipi tiga penampilan di liga dengan seragam hitam-putih Juventus.

Melihat ledakan Immobile sepanjang kompetisi lalu, Bianconeri bahkan seperti tak tergiur menariknya ke Juventus Stadium. “Juve memiliki pemain hebat (Immobile), tapi mereka tak mempercayainya dan lebih memilih mengambil risiko untuk pemain asing.” Demikian bunyi sindiran dari koran Libero yang ditujukan kepada Bianconeri.

Kritik tersebut memang beralasan. Menjelang pembukaan bursa musim panas, Juventus lebih sering dikaitkan dengan calon rekrutan non-Italia. Sebut saja Alvaro Morata (Spanyol; Real Madrid), Alexis Sanchez (Cili; Barcelona), hingga Didier Drogba (Pantai Gading; Galatasaray).